Sabtu, 15 Februari 2014

Hujan Abu: usaha ekstra menjaga diri

Siang dears,,
Abu gunung Kelud sudah kami terima dengan lapang dada :'(
Iya,, domisili saya (masih) di jogjakarta, dan kemarin jumat,merasakan lagi yang namanya hujan abu. Saya pikir Merapi batuk lagi...ternyata ini kiriman dari Kelud.
Nah... Bangun tidur sih saya pikir masih jam 5, ternyata hampir jam 7,,, karena langit pagi itu masih berwarna kuning *kirakiragitudeh
Waktu ke depan rumah,,kaget liat penampakan yang serba putih. :'(
...
...
...

Well,,yaaaaahhhhhh... Begitulah. Ini bukan hujan abu pertama saya.. And I know exactly that feeling. Mencekam, takut, was was. Satu hal yang saya harapkan, hujan.
Tapi itu tidak terjadi bahkan sampai hari kedua hujan abu. Sebagai pengangguran,, akhirnya yang bisa saya lakukan hanyalah bebersih.
Well, taulah,,hujan abu gini cuma bisa dibersihin pakai air. Walaupun sudah dipel terus,disapu, tetep yang namanya debu itu aduhai. Efek lain sih..di kesehatan sama tubuh lah ya..
All of you... Pasti sudah fasih paham kalo yang namanya debu vulkanik itu mengandung butiran silika halus. Jadi, sepemahaman saya... Di kesempatan posting kali ini,,, saya bakal posting my daily treatment terkait hujan abu. So you girls... Dont miss it ya! :D
Saya gadis, di rumah, sedang terkena hujan abu, dan punya cara sendiri menghadapi hujan abu tersebut.
1. Perlindungan rumah.
     A. Punya tanaman hias? Singkirkan. Abu vulkanik tinggi asam. Gag mau kan tanaman kita rusak? Layu?
   B. Tinggal di desa seperti saya? Dg halaman tanah, depan rumah sawah,banyak pohon? Selalu siram halaman rumah di jam2 penting. Misal siang bolong, sore saat angin sedang sangat kencang. Jangan lupa, siram dahan pohon. Gunanya? Biar tidak terlalu berdebu donk ihhh. Dengan menyiram tadi,,, debu yang masuk rumah bisa diminimalisir.
c. ganjal bawah pintu, ventilasi dengan kain basah. ini sangat berguna mengurangi debu didalam rumah.
d. tutup semua makanan,gelas,termasukperalatan makan dan masak.
e. waktu yang paling tepat ngepel, cuci baju, dan membersihkan perabot adalah sekitar jam 17.30  keatas. pertimbangan saya, sudah tidak ada angin yang mengganggu. oh iya,, untuk cuci baju sendiri,kenapa malam, karena proses jemur, kalo malem hari, ngasi banyak waktu untuk kering. jadi keesokan harinya, tidak usah terlalu was was jemuran kita ketempelan debu,,wong uda diangin angin sampe kering *sayapakemesincuci

2. Dress up
percaya deh...hujan abu itu gag enak banget. ngeres. dan saya gag suka ngeres... makanya, saya selalu pake lengan panjang ato jumper kalo di rumah. kenapa...
a. karena abu bikin rambut kasap. kering. makanya saya tutup pake jilbab ato jumper. tiap sore harus saya kramasi. scalp saya oily, tapi abu sukses bikin dia jadi extra dry. nah...saya yang oily aja gtu, apalagi yang emang dari sononya kering kan. oh iya..jangan coba2  kramas 2hari sekali ya. bisa patah lo. ini kejadian di saya.
b. pakai baju lengan panjang bikin saya aman dari debu. duh...yang namanya tangan,,saya paling g suka kalo ketempelan abu. nah... tiap sore saya selalu mandi pakai sabun berscrub. lulurwangi dink. memastikan kalo si abu g bakal jadi calon daki. karena proses exfoliatenya tiap hari, saya merawat korban hujan abu ini pakai body butter/ body cream yang dry skin. sore ya,,kalo pagi mah...pake yang light ajah.

face treatment

Masker. penting. untung mama emang nyetok. kalo biasanya satu box isi 50 diju al 20.000,, musim hujan abu gini,, bisa selembar 1500. karena maskernya juga gag sesuai juga si sebenarnya buat nangkal partikel nano,, tiap keluar rumahsaya tambah pake pantyliner herbal atau tisu basah antiseptik.

kacamata google. atau at least kacamata big lense yang biasanya rapet tak berongga. jangan diucek lo ya,, ntar atit. g usah pake lensa kontak dulu..kasian korneanya.

di saya, debu vulkanik ini cekit cekit. kalo saya scrub kayak tangan saya, yang ada malah nangis donk ya... saya bersihin pake cleansing oil atau milk. pilih lotion yg sangat melembabkan tapi tidak bikin greasy. saya pake biokos pure balance atau hadalabo lotion. tambah bedak tabur. saya g mau bedak tabur saya diganti abu vulkanik.

sedia tetes mata yes....

itu dulu yang bisa saya share,,gag usah keluar rumah deh kalo g darurat. beneran ...


ps. saya ngetik di hape,jadi yasud kalo acak adul




Tidak ada komentar:

Posting Komentar