Rabu, 17 Juli 2013

Wuhuuuuuuuu,,, breakout challenge (1)





Yeaaaaa,, ayo semua ketawa :DDDDD akhirnya si jerawat datang juga. T.T. Bukannya seneng banget karna si tengil ini dateng trus saya langsung bikin postingan lho ya,, tapi lebih karena saya nyesek dia dateng. Iya,,kayaknya saya uda jaga diri jaga muka jaga makan biar semuanya terkontrol. Tapi apa daya ya??
Sekilas tentang breakout, jerawat, kulit dehidrasi, ini semua masih ada hubungannya sama kepulangan saya dari bontang. As I told before, jadi waktu pulang, tim penjemput datang jam 2 pagi. Nah..pikir saya,, ahhh pake sunscreen deh biar nanti pas matahari muncul muka saya gag langsung kena tonjokan-tonjokan jahatnya. Tapi apa coba?! Jam 7 pagi pas mampir sarapan di Balikpapan saya cuci muka kan ya.. ehhh waktu diraba langsung aja banyak banget jerawat kecil-kecil di pipi,,dagu, ama jidat. Aaaaaaaaakkkkkkkkkkk.
Beruntung sampai jogja semua paketan acne care uda nyampe duluan. Karena saya pikir bruntusan dan jerawat kecil muncul karena saya salah treatment,, akhirnya saya pakai beberapa langkah buat ngilangin ini dosa wajah.

1. Buat wajah bersih
Ini gag cuma masalah gimana ngilangin jerawat, tapi juga gimana jaga biar jerawat ogah mampir ke muka kita. Kesalahan utama saya adalah,,saat muka seharusnya istirahat,, saya malah dengan seenak perut nampolin sunscreen ama bedak padat. Jadi,,, saat kulit muka harusnya bisa ambil nafas panjang.. kecegat deh sama lapisan make up yang saya pakai.
Solusi yang kemudian saya ambil tentu saja,, jaga kebersihan donk! Saya semakin rajin bersihin muka. Mau saya wudhu kek,,lagi gag sholat kek,, paling gag jam 1 siang saya uda ngebersihin muka pakai face wash..  Sedangkan rutinitas pagi yang biasa saya kerjain buat ngebersihin muka cukup simple. Ini dia
a.       Bangun tidur langsung cuci muka tanpa pakai sabun (mau sabun bayi kek,, sabun muka,, no. Saya pengen sebum saya larut sama air saja).
b.       Kalau malem pakai cream atau sleeping pack.. saya tetep basuh pakai air.
c.       Pemakaian Face Wash ketika mandi.. dilanjutkan toner baru skincare regime
d.       Siang hari,,dengan full make up,, saya biasa pakai face wash untuk membersihkan permukaan kulit yang sebelumnya tertutup make up. Walaupun mungkin tidak terlalu bersih mengangkat sisa makeup yang terjebak di pori-pori, setidaknya pemakaian face wash yang tepat akan meminimalisir timbulnya jerawat.
e.       Sepulang kerja.. muka selalu saya bersihkan dengan cleansing oil, baru face wash / sabun bayi.
2. Acne Treatment
Munculnya jerawat, sebetulnya bisa mengindikasikan 2 hal. Kulit tidak terawat, atau kulit sehat. Hah,, maksudnya??
Iya.. karena keluarnya sebum itu alamiah,, jadi sangat mungkin terjadi jerawat. Nah,, bisa kita bilang jerawat merupakan indicator kesehatan kulit kita. Akan jadi kulit hidup karena sebum masih berproduksi, walaupun dengan jumlah berlebih,, dan jadi tidak sehat ketika kebersihan muka tidak kita jaga.
Masalahnya kemudian adalah… semua yang kira-kira nongol di muka, itu kita sebut jerawat (ya emang gitu sih). Sayangnya,, kita gag care,, tipikal jerawat yang kayak apa sih yang lagi nangkring dimuka kita?
Iya,, tentu saja penting mengetahui jerawat macam apa yang lagi kita adepin. Karena semua macamnya itu butuh penanganan khusus. Semua jerawat akan mereda saat kita dengan telaten merawat kebersihan muka. Tapi.. itu saja tidak cukup. Jerawat tidak serta merta hilang loh! Semua butuh penanganan khusus.
Makanya kenapa kemudian ada banyak sekali varian obat jerawat di muka bumi ini *jadi lebai deh. Nah kan… baru ngeuh?? Gapapa.. saya juga kok. Saya pikir dulunya.. pakai moisturizer yang acne care aja cukup untuk mengobati jerawat. Nyatanya??? Masih muncul tuh… trus? Berarti gag mempan ya? Atau cari saja yang lain?
Dears,,, karena dulu hanya berdasarkan “sepengetahuan” yang sesempit itulah saya bisa bilang ini ampuh dan tidak.. Makanya jerawat di muka saya ini sudah menjadi penghuni tetap. Wanna kno something dears?
Trus,, gimana donk. It’s okay. Saya baru ngeuh juga karena ngelirik brand Korea kok.. kenapa ada bahan alami? Kenapa ada yang sintetik? Kimiawi? Kenapa ada yang berdasar salicyl? Karena jerawat yang kita sebut batu itu tentu saja beda dengan yang cystic. Tentusaja obat jerawat yang bahan dasarnya salicylic akan berbeda hasilnya dengan yang berbahan dasar patchouli misalnya.
Cari tahu dulu tipe jerawatnya dears. Berhubung muka saya jadi laboratorium mini untuk dunia perjerawatan akhirnya diputuskanlah kalau area jidat dan sisi samping dagu tersebar jerawat batu, sedangkan pipi,, well yeah.. dengan sedih saya bilang.. ini mendekati cystic.
Akhirnya,, untuk jerawat batu yang bandel itu,, saya jadi semangat banget buat ngebersihin muka. Tapi untuk jerawat area pipi yang selalu meradang (gejalanya selalu persis sama… diraba ada tonjolan, kadang memerah,, kalau belum matang belum terlihat mata putihnya ) saya elus elus pakai tea tree oil. Voilaaaaaa,, paginya jerawat kempes. Hheheeheeee

Nah,, catetan penting dari perjalanan acne saya tentu saja…
1. Pilih face wash yang tidak membuat kulit kering, terasa tertarik, tiba-tiba menghilangkan minyak wajah. Ini gag bagus sepanjang pengalaman saya. Yang ada justru kulit wajah tiba-tiba kering, perih, tidak kenyal,, dan jerawat jadi semakin membandel
2. Penggunaan obat jerawat harus sesuai dengan kebutuhan. Misalnya.,kenapa saya lebih pilih tea tree oil daripada vitacid? Kenapa saya malah pilih TBS yang jelas-jelas ada kandungan alcohol denatnya daripada pilih dewytree? Well,, saya masih berharap dengan tea tree oil di TBS,, karena walaupun hanya pure 15%... setidaknya saya tidak alergi dengan bahan itu. Sedangkan dewytree,, ehmmmm,,, saya masih ragu. Vitacid? Big NO. karena saya butuh anjuran pemakaian dari dokter,, vitacid terlalu ampuh buat saya… termasuk efek samping yang mungkin timbul kalau saya pakai krim ini

Lantas, apa perjalanan jerawat saya sudah di batas perpisahan?? Sayangnya,, belum. Saya harus sabar menerima pemulihan yang berlangsung lambat sembari berdoa.. Jerawat.. please.. kamu tidak diundang.

Nite dears,, :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar